Tiket Makan Malam dengan Bos Apple Dilego Rp3,7 Miliar

Tim Cook bersama Steve Jobs
Kepopuleran tokoh-tokoh di dunia teknologi tak kalah dengan artis-artis Hollywood. Penggemar mereka tak ragu untuk merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk makan malam bersama.

Baru-baru ini, 'tiket' jamuan malam bersama CEO Apple Tim Cook berhasil dijual situs lelang, CharityBuzz, seharga US$330 ribu atau setara dengan Rp3,77 miliar. Dikutip dari laman BBC, laman lelang itu semula hanya mematok tarif US$100 ribu  atau sekitar Rp1,14 miliar.

Seiring waktu, peminat terus berdatangan dan berani memasang harga yang sangat tinggi. Rencananya, uang hasil lelang makan siang itu bakal dimanfaatkan untuk misi HAM yang diselenggarakan Robert F Kennedy Center for Justice and Human Rights.

Untuk mengapresiasi pemenang lelang itu, Cook tak segan untuk dia sebagai tamu VIP pada acara Apple. Tarif itu disebutkan lebih mahal dibanding coffee meeting dengan bos Apple, tahun lalu.

Situs lelang itu memang menerapkan persyaratan otorisasi keuangan untuk peserta yang ingin makan siang dengan Cook. Meski lelang jamuan makan siang itu sudah ditutup, situs itu tak merilis siapa pemenang lelang yang bakal bersua dengan Cook.
Menariknya, tarif makan siang Cook itu mengalahkan tarif acara serupa dengan Ketua Federal Reserve Ben bernanke yang dilelang US$70 ribu. Tarif makan siang Cook juga jauh lebih mahal dari temu santai dengan bos AOL Tim Armstrong pada 22 Mei nanti. Sejauh ini pelelang yang berminat masih satu orang dengan tarif US$3.500. Sementara nilai temu santai dengan bos AOL itu diperkirakan US$25 ribu.

Budaya temu santai dan jamuan makan dengan bos perusahaan pertama kali diinisiasi oleh CEO Berkshire Hathaway sekaligus investor triliuner, Warren Buffett, 14 tahun lalu. Lelang itu diadakan untuk kegiatan amal.
Jamuan makan siang dengan bos oracle of Omaha itu laku dengan nilai lelang lebih dari US$1 juta di eBay pada tahun lalu. Sedangkan pada tahun sebelumnya pemenang lelang makan siang dengan Buffett, harus merogoh kocek US$3,5 juta.
Previous
Next Post »