Fitur Baru di iOS 8

iOS 8
Apple menghadirkan berbagi inovasi pada rilis iOS 8. Perusahaan pembuat iPhone itu meningkatkan berbagai fitur andalan, sekaligus menghadirkan fitur anyar inovatif yang memanjakan pecintanya.
Setidaknya, terdapat beberapa sorotan fitur pada update iOS 8, sebagaimana dilansir The Verge dan Techcrunch, Selasa 3 Juni 2014.
Notifikasi interaktif
Mengawali pembaharuan iOS anyar ini, Apple menghadirkan Notification Center tang interaktif. Pengguna dapat melakukan berbagai hal secara cepat melalui pusat notifikasi itu. Misalnya, menyukai postingan Facebook tertentu, menawar sebuah item di eBay sampai menambahkan widget pihak ketiga.

Pengguna juga bisa lebih cepat membalas pesan yang masuk cukup dengan men-swipe down pusat notifikasi.
,
QuickType
Pada fitur keyboard, Apple meningkatkan fungsinya. Kemampuan keyboard memprediksi apa yang diketikkan pengguna. Keyboard dilengkapi dengan auto-suggestion sehingga mempercepat pengetikan dalam keyboard. 

Kemampuan prediksi keybaord ini mengambil kebiasaan pengguna yang dilakukan dalam pengetikan dan berbasis dari perbincangan pengguna. Dari situ, keyboard akan memprediksi kemungkinan yang bakal diketik pengguna.

Apple mengatakan QuickType bekerja dengan mempelajari kebiasaan aktivitas komunikasi yang dilakukan pengguna.

iMessage bisa audio
Kini dalam iOS 8, pengguna bisa mengirimkan pesan iMessage dengan pesan audio maupun video. Pengguna juga dapat menghilangkan pesan yang sudah dibuat dalam beberapa menit (self destruction message), berbagi informasi lokasi melalui iMessage.

Fitur iMesseage pada iOS 8 juga mengakomodasi fitur yang banyak diminta, yaitu mampu menghapus pesan seseorang yang tidak diinginkan. Misalnya, pengguna terganggu dengan pesan grup yang terlalu ramai, maka pengguna bisa menghapus pesan yang 'berisik' itu.

iCloud Drive
Salah satu fokus Apple yakni kebutuhan enterprise. Hal ini diwujudkan dengan peningkatan fungsi iCloud Drive. Pada iOS 8, iCloud Drive memungkinkan pengguna membuka dokumen dari dalam satu aplikasi untuk mengakses aplikasi yang kompatibel. Pengguna juga bisa mengakses file dari perangkat Mac yang telah tersimpan dan tersinkronisasi melalui iCloud.

Healthkit
Menjaga agar tetap sehat jadi perhatian Apple. Fitur pendukung pemantau kesehatan tak ketinggalan disertakan pada iOS 8. Apple menghadirkan Healthkit, aplikasi pelacak kesehatan personal dan data fitnes.

Healthkit memberikan kemudahan akses, pengguna iPhone bisa memonitor pengukuran indikator kesehatan harian. Dengan fitur itu, pengguna juga bisa memantau perkembangan tren fitnes mereka selama periode yang lama.

Fitur ini akan diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga yaitu Nike dan Mayo Clinic

Family Sharing
Fitur baru pada iOS 8 ini memungkinkan pengguna mensinkronisasi semua perangkat dalam satu keluarga. Idenya yakni memudahkan anggota keluarga berbagi konten pada lintas perangkat yang dimiliki masing-masing anggota keluarga. Misalnya, saat membeli konten pada iTunes, tetapi syaratnya di antara anggota keluarga itu harus memiliki akun kartu kredit yang sama.
Fitur berbagi itu hanya terbatas untuk enam anggota. Family Sharing ini juga bisa jadi wadah berbagi kalender, agenda pengingat, foto, menemukan lokasi teman pada semua perangkat.

Fitur anyar ini juga dapat mencegah keisengan anak yang biasa memesan konten pada iTunes atau aplikasi pada App Store tanpa sengaja. Orang tua segera mendapatkan notifikasi pemesanan konten begitu sang buah hati melakukan pembelian. Dengan demikian, orang tua dapat mengendalikan dan segera membatalkan permintan pembelian itu.

Photo Stream
Peningkatan fitur seputar foto dilakukan Apple. Photo Stream pada iOS 8 memungkinkan pengguna melihat dan mengedit gambar dari berbagai perangkat iPhone dan iPad. Asyiknya, foto dan video disimpan dalam iCloud. Cara ini sama dengan penyimpanan musik dan film pada iTunes.
Apple menyediakan penyimpanan cloud foto gratis untuk 5 GB. Melebihi kapasitas itu, Apple menyediakan 20 GB dengan biaya 99 sen per bulan dan 200 GB dengan biaya US$3,9 per bulan. Bahkan, Apple mengaku siap memberi tawaran penyimpanan hingga terabyte dengan harga yang dipatok tinggi pula.

Fitur ini tak akan hadir pada dekstop Apple setidaknya sampai 2015.

Selain mengintegrasikan akses dari berbagai perangkat Apple, fitur foto dilengkapi dengan Smart Editing, Smart Suggestion serta Smart Search guna melengkapi pencarian gambar favorit yang sebelumnya sudah diambil dan dilihat pengguna. 

Siri 
Kemampuan pencarian berbasis suara pada iOS 8 makin menarik. Sebab, pengguna dapat mengaktifkan Siri tanpa menyentuh iPhone. Cukup dengan mengatakan 'Hey, Siri' makan pencarian akan otomatis muncul. Cara ini sama dengan pencarian pada Chrome Google yang diiringi dengan perintah pencarian, 'OK, Google'.

Siri kini juga memiliki integrasi Shazam untuk membantu mengenali sebuah lagu, bahkan menyalakan alat pemanas air melalui perangkat pintar rumah pengguna.

Melalui Siri ID, pengguna kini bisa membeli konten dari iTunes, pengenalan suara streaming. muncul dalam 22 bahasa berbeda.
source: viva.co.id
Previous
Next Post »