Pengertian HTML

HTML (HyperText Markup Languange) adalah sebuah text yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan hanya meng-klik text tersebut. Kemampuan text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.

Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini akan kita kenal di HTML sebagai tag. HTML bukan merupakan suatu bahasa pemrograman, karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up)
pada suatu dokumen teks dan bukan sebagai program.

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML, tampilan web kita akan terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Namun sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.

File-file HTML merupakan dokumen teks yang diformat menggunakan HTML, maka untuk melakukan penulisan maupun editing dokumen HTML dapat menggunakan berbagai macam editor, dalam hal ini digunakan Notepad dan Dreamweaver. contoh text HTML pada Notepad seperti dibawah ini:



Keterangan :
a) <html> </html> : mendefinisikan bahwa teks yang berada
diantara kedua tag tersebut adalah file HTML.
b) <head> </head> : mendefinisikan head dalam sebuah file
HTML.
c) <title> </title> : mendefinisikan judul yang hendak ditampilkan
pada browser.
d) <body> </body> : mendefinisikan teks beserta formatnya yang
hendak ditampilkan sebagai isi halaman web.

Cobalah contoh yang saya berikan tadi dan ketik di notepad






Previous
Next Post »